Sunday 6 August 2017

Life: Pengalaman Jadi Mahasiswa di Ekstensi FEB UI


My doubts and principles tentang perkuliahan di post sebelumnya murni subjektif. Tapi post yang ini insya Allah agak objektif karena ada objeknya yaah.

Jadi, apa pendapat saya tentang kampus Ekstensi FEB UI? Ini beberapa reviewnya, ya. Dan sungguh maaf buat semua yang belum mengenal saya, I'm the queen of everything random. Kemungkinan review ini juga bakal sangat ngga jelas. Tapi semoga masih informatif, ya.

(saya masuk Esktensi UI tahun 2016, jadi mungkin masih relevan di timeline yang ngga jauh-jauh dari tahun tersebut)

1. Well, my campus is not the prettiest, but it's so gorg in a exotic creepy way. Kampus Ekstensi UI terdapat di dua tempat, yaitu di Depok dan Salemba. Saya memilih kampus UI di Salemba karena lebih dekat dengan kantor. Di UI Salemba ini terdapat program/jurusan lain juga selain ekstensi, di antaranya ada pasca sarjana UI dan FKUI. Jadi setiap berangkat kuliah, setelah masuk kompleks kampus, saya harus melewati Rumah Duka/Tempat Penurunan Jenazah karena kampus saya masih satu kompleks dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Fakultas Kedokteran UI. Padahal saya kuliah malam terus, dari jam 19.00 sampai 21.30. Saya bahkan pernah kelar kuliah Pengantar Bisnis jam 22.30. Ditambah pula bangunannya seperti kastil angker di Braubach, Jerman. Yah, pokoknya kalau jalan sendirian malam-malam gitu biasanya sih saya takut. 

2. Officially, kuliah itu cuma hari Senin sampai Jumat saja. Tapi prakteknya, saya lumayan sering juga masuk kuliah hari Sabtu karena ada asistensi Pengantar Akuntansi dan lab Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statek) untuk semester satu dan bahkan masuk kuliah setiap hari Sabtu di semester dua.

3. Semester kemarin dapat dosen yang lumayan enak semuanya. Nah, di sini ini saya recommend banget UI buat kamu yang niatnya beneran mau belajar. Meskipun begitu, banyak testimoni dari senior, bilang kalau kuliah di ekstensi UI itu lama, banyak tugas, dan dapet nilainya susah. Jadi buat yang niat kuliahnya biar dapat gelar aja, saya sarankan pikir-pikir lagi soalnya harus di-nurture banget kuliahnya.

4. Nah, kalau kata saya, dari segi lama waktu kuliahnya, itu bener. Karena kuliah ekstensi di UI itu standarnya 2,5 - 3 tahun. Misalnya kamu DIII Pariwisata nglanjutin ke S1 Manajemen, maka kamu sudah diplot dari UI untuk selesai dalam jangka waktu 3 tahun, karena mata kuliah yang bisa ditransfer lebih sedikit. Kalau kamu DIII Akuntansi ke S1 Akuntansi, standar di UI adalah 2,5 tahun. Dan itu baru standarnya, belum termasuk kalau ada mata kuliah yang nggak lulus lho. Padahal di kampus lain kuliah ekstensi standarnya 2 tahun. Bahkan ada yang 1,5 tahun sudah bisa selesai. Jadi, ekstensi di UI memang makan waktu lebih lama.

5. Dari segi banyak tugasnya, mungkin hanya 70% benar. Kalau dibandingkan dengan kampus lain, bisa jadi memang tugasnya jadi tampak segambreng, tapi alhamdulillah masih bisa ke-cover ngerjain tugas di sela-sela bekerja.

6. Dari segi dapat nilainya susah, ini bener banget, haha. Kalau perihal ini banyak faktor juga sih kalau saya bilang. Dari faktor dosen yang memang ngasih ilmunya luar biasa tapi strict di nilai, faktor saya sambil bekerja jadi nggak bisa full belajar, faktor luck juga ada. Soalnya kayaknya kuliahnya gampang dan masuk banget gitu ilmunya, tapi begitu ujian satu kelas nilainya 30, 40, gitu hahahahaha.

7. Jangka waktu kuliah yang lama ini berimbas ke biaya. Uang pangkal di ekstensi FEUI tarifnya adalah Rp12.500.000 dan bayaran tiap semester/BOP saya adalah Rp10.000.000 (tahun 2016-2017), Semakin banyak semester yang kamu ambil, semakin banyak juga biaya yang harus kamu keluarin.

8. Setiap mata kuliah memiliki silabus, yang memuat semua informasi dan "kontrak" terkait mata kuliah tersebut. Informasinya antara lain tentang buku apa yang digunakan di mata kuliah tersebut, persentase nilai tugas, UTS, UAS, kuis, dll, jadwal pertemuan dan bab yang dibahas di pertemuan tersebut, dan masih banyak lagi. Jadwal perkuliahannya pun jelas. Jadi you're able to expect apa sih yang akan terjadi satu semester ini. Meskipun sebenernya semua kembali lagi kepada dosen, sih.

9. Untuk buku saya banyak beli di tokopedia dan bukalapak sih. Karena nggak ada waktu buat hunting buku offline. Selain itu juga ada ebook yang dishare teman-teman, jadi bisa lebih menghemat juga (apalagi yang dapat hibahan ipad dari pacar-sekarang-suami kayak saya, haha). Kalkulator, ini penting juga. Saya satu semester sudah habis dua kalkulator, karena yang pertama, yang beli di bhinneka.com saya ilangin. Selanjutnya nyoba beli di Citra Calculator di Senen Jaya ternyata lebih murah 10-20 ribu. Yang ternyata toko itu juga punya lapak di tokopedia

10. Berikut beberapa alamat website yang membantu saya selama perkuliahan (kalau ada tambahan silakan share di kolom komentar, ya)
a. http://mss-febui.com/millions/
Ini adalah website tempat mencari soal-soal ujian tahun sebelumnya. Bermanfaat banget untuk belajar UTS dan UAS karena soal-soal tahun lalu biasanya masih ada kesamaan tipe soal dengan soal tahun ini.
b. https://management06.wordpress.com/
Blog ini bermanfaat buat kamu yang ingin kepoin karakter dosen kamu. Kamu bisa search nama dosen yang diinginkan, kemudian di comment sectionnya bisa dibaca testimoni mantan mahasiswa dosen tersebut. Jadi sebelum pilih dosen untuk semester mendatang, kepoin dulu seperti apa karakter dosen tersebut. Jangan sampai pilih dosen yang pelit nilai atau galak :p
c. https://academic.ui.ac.id
Ini standar sih, websitenya mahasiswa UI. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di situ. Nilai, pembayaran kuliah, jadwal kuliah, dan lain-lain.

Nah, kira-kira itu sih my rambling about my exotic creepy campus. Kalo ada yang mau ditanyain, comment boleh tapi lebih cepet reach me via social media. See you!










83 comments :

  1. Saya mohon bertanya apakah di ektensi akuntansi jatah sks persemester diterapkan perpaket apa berdasarkan ipk seperti sarjana? Terus masuk ektensi akuntansi Ui wajin dr jurusan akuntansi d3 apa bisa dr perpajakan ? Oh ya satu lagi di penerimaan ui ac id disitu sarjana ekonomi boleh mengambil ektensi akuntansi apakah benar? Meski lulusan sarjana ekonomi jurusan ilmu ekonomi bagaimana? Oh iya kalo kuliah sambil kerja disana kira berat banget ga ya? Dibandingkan jurusan manajemenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Faisal. Maaf baru dibaca nih komennya. Biasanya semester 1 dan 2 itu paket, baru nanti semester 3 karena ada peminatan bisa memilih mata kuliah sesuai keinginan. Setau aku bisa kok, perpajakan masuk ke ekstensi akuntansi. Banyak temen-temen aku dari d3 pajak ngambil ekstensi akun. Kalo yg udah sarjana mau ngambil ekstensi lagi kurang tau ya.. Kasarannya, porsi mahasiswa ekstensi FEUI Salemba yang sambil kerja itu sekitar 60%-70% lah. pasti lebih berasa berat dibanding yg cuma kuliah aja. Tapi yang jelas, bisa banget dijalani. Hope that helps yaa!

      Delete
  2. Makasih banyak untuk waktunya menjawab

    ReplyDelete
  3. Kak, kalo boleh tau ujian masuk ekstensi simak ui biasanya berapa jurusan yang bisa diambil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Meliasna! Iya betul seperti penjelasan Faisal. Di ujian masuk ekstensi hanya diberi kesempatan milih satu jurusan aja. :) Jadi pilihannya cuma diterima/tidak..

      Delete
  4. oh iya satu ada perbedaan ga ? antara ektensi di salemba dan depok? apakah ada perbedaan kualitas dosen yang mengajar? atau perbedaan fasilitas? sehingga terjadi perbedaan lokasi perkuliahan?
    di brosur testnya dan bahasa inggris. soal tpanya seperti test simak ui apa sbmptn? atau seperti test tpa cpns?

    makasih

    @meliasna : setahuku saya di brosur pendaftaran cuma satu pilihan program studi untuk ektensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku sama aja, sih. Dosen banyak yang sama antara ekstensi Depok dan Salemba. Kurikulum, buku yang dipakai, dan silabus juga sama. Perbedaannya, dari segi fasilitas, mungkin kampus Depok gedungnya lebih bagus kali, ya hahaha.

      Aku sejujurnya kurang bisa jelasin TPAnya mirip yang mana, karena aku personally nggak pernah tes simak reguler, sbmptn, ataupun cpns.. Emang bedanya TPA simak, sbmptn, & cpns di mana, Faisal? (serius nanya)

      Tapi kemarin aku belajar dari buku-buku soal TPA yang ada di gramedia dan relevan kok sama soal ujian.

      Delete
  5. halo saya mau tanya, kalau mau kuliah ekstensi D3 pariwisata ke S1 Adm, bisa ambil kelas siang gak ya? jadi kelas biasa, bukan kelas karyawan. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai haii setau aku kelas ekstensi adanya malam ajaaa.. tapi untuk info lebih akuratnya, bisa telepon ke bagian penerimaan mahasiswa baru UI yaa

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Halo kak, mau tanya dong
    1. Di FE ekstensi UI ada kelas yg hanya sabtu minggu aja atau engga kak?
    2. Ada scholarship buat anak ekstensi ga kak di UI?
    3. Faktor apa aja kak slain nilai biar bisa lulus 2,5 tahun?
    Trima kasih kak, maaf beruntun pertanyaannya😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii
      1. setau aku ngga ada. justru sabtu biasanya dipakai buat asistensi sama asdos jadi kelas tambahan selain senin-jumat deeeh
      2. scholarship maaf kurang tau.. tapi kalo program cicilan biaya ada dari UI nya
      3. faktor jurusan D3 kamu. semakin banyak mata kuliah yang bisa ditransfer, semakin cepet lulus deh :)
      3.

      Delete
    2. di transfer maksudnya gimana kak? oiya kalo boleh tau kaka lulusan D3 mana ya ehehe

      Delete
  8. Misi kak mau tanya, dari D3 pariwisata atau jurusan lain yg beda ilmu itu berarti ttp bisa ekstensi ya di FEB UI walaupun waktunya 3 tahun? Terus bisa milihkah mau ekstensi di kampus UI Depok atau Salemba? Mohon bantuannya ya kak terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo

      bisa banget. temen sekelas aku ada yg dari D3 pariwisata :D
      Milih mau depok/salemba juga bisaa.. nanti disuruh milih sejak awal daftar :D

      Delete
  9. Kak. Aku InsyaaAllah setelah wisuda d3 mau kerja dan lanjut ekstensi UI. Di Jakarta lulusan D3 susah gak kk cari kerja? Uang pangkalnya bisa dicicil gak kk? Dari d3 keuangan bisa nyambung gak ke akuntansi? Terima kasih sudah menjawab kk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh.. kalau ditanya susah ngga cari kerja di Jakarta, aku bingung jawabnyaaa :"") Do the best and let God do the rest aja kali, ya :D

      Uang pangkal aku kurang tau bisa dicicil apa ngga, tapi harusnya bisa, soalnya uang semesteran aja bisa dicicl~

      D3 keuangan bisaa masuk akuntansi :D

      Delete
  10. Halo kak aku tanya dong, ekstensi feb ui untuk tahun ajaran baru 2018/2019 masih dibuka gak ya? Trs selain simak ui, harus ikut toefl ya kak sbg nilai plus masuk situ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo anonymous..

      iya kayanya masih dibuka sih, kalau aku lihat di http://simak.ui.ac.id/pengumuman/jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-ta-2018.html pendaftaran untuk simak ekstensi mulai tanggal 25 juni 2018 yaa

      iya dulu pas daftar, ada dua berkas yg boleh diupload secara opsional (ngga wajib) yaitu toefl dan tes tpa (bappenas). dulu yg aku upload toefl aja :)

      Delete
  11. list pertanyaan aku, mohon dijawab salah satu atau semuanya juga boleh:)
    (1)oiya ka, aku kan sekarang kuliah D3 adm bisnis di PNJ.kira2 aku kerja dulu apa lanjut eksstensi ya ka?.
    (2) apa yg bikin kita lulus dalam 1.5 tahun?
    (3) oiya ka mau tanya lagi kak ip anak2 ekstensi diatas 3.00 atau dibawah 2.00?
    ditunngu balesannya ya ka :)
    makasih ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo zahrifah

      1. wahhh pertanyaan macam begini hanya kamu yg bisa menjawabnyaa :D saranku sih bikin tabel pro and cons aja dulu, ditimbang baik mana.. disesuaikan sama keadaan kamu..
      2. setau aku? ngga ada :D minimal 2,5 tahun :D
      3. di bawah 2.00 jarang banget sih kayanya haha.. setau aku banyak banget yg di atas 3.00, tapi ada juga yg 2.xx

      Delete
  12. Halo kak,

    Mau tanya dong, kalau uang semesterannya bisa dicicil per bulan kah?
    dan kalau mau tanya pendaftaran dan lain lain apa bisa di kampus salemba di hari sabtu?


    Mohon balas ya, makasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo maaf ya baru balas, semoga belum basi :")

      uang semester bisa dicicil, tapi ada skema cicilannya (satu semester dicicil sekitar 3x), jadi ngga perbulan.

      pendaftaran simak ya maksudnya? aku dulu pendaftarannya online dan ngga ke kampus ui sama sekali. baru setelah diterima daftar ulang di depok (daftar ulang di depok only, ngga bisa di salemba).

      Delete
  13. Kak mau tanya untuk kuliah ekstensi yg di depok jadwalnya malem juga kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuliahnya biasanya dari jam brp sampe jam brp ka? oiya ka kalo boleh tau sosmednya apa ya?

      Delete
  14. Hallo :)

    sebelumnya terimakasih untuk shring infonya. tapi aku ada pertanyaan nih seputar biaya SKS. untuk biaya per sks berapa ya?? lalu maksimal & minimal sks yg bisa diambil berapa ya?

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ekstensi UI mata kuliah dan bayarannya paketan.. jadi aku bayar flat 10 juta tiap semester tanpa melihat berapa sks yg diambil (macam spp anak sekolah gitu :D)

      Delete
    2. oiya, minimal dan maksimal sks ini per semester ya maksudnya? per semester kita juga udah ada guidance harus ngambil matkul apa aja (karena paketan).. guidance itu sudah disesuaikan sama jadwal kita senin-jumat jadi ngga bentrok.

      kalo di paket ada 5 matkul semester x untuk hari senin-jumat, kamu ngga bisa ambil lebih dari 5 matkul itu karena pasti jadwalnya akan ada yg bentrok satu sama lain. kalau kamu ambil 4 matkul aja instead of 5 matkul, ya kamu harus ambil 1 matkul yg kurang itu di semester nanti (yang berimbas ke bayar 10 juta lagi meskipun cuma 1 matkul aja yang kamu ambil).

      semoga ngga ribet yaa penjelasannya :D

      Delete
  15. Siang kaa..

    Aku mau tanya seputar ekstensi nihh ka, mohon bantuannya ya ka :) :

    1. Untuk kuliah ekstensi itu memang benar ya ka, ada persyaratan harus ada pengalaman kerja dulu minimal 2 th apa itu betul ya ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ekstensi UI ngga ada ituuu hahahaha banyak kok temenku freshgrad DIII langsung ambil ekstensi

      Delete
  16. @the twisted moth maaf baru balas tingkat kesulitan soalnya beda. Kan setahu saya ijasah s1 reguler dan ektensi dibedakan dengan tulisan sarjana ektensi. Berdasarkan pengalaman ada ga sih diskriminasi perusahaan kepada kita karena ijasah ektensi misal untuk masuk kantor big 4 seperti KPMG, deloitte, Ernest and young, pwc dan perusahaan asing? Kalo untuk akuntansi persentasi dosen killer nilai hampir diatas 60% ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, nanti di ijazah ada tulisannya sarjana ekstensi. tetapi apakah nanti bakal dapat diskriminasi/ngga dari perusahaan, itu aku sangat tidak berkapasitas untuk menjawabnya (karena ngga tau :D)

      dan untuk dosen killer di jurusan akuntansi aku juga ngga tau karena aku jurusan manajemen :")

      Delete
    2. Untuk dosen Killer manajemen bagaimana kak? Sangat banyak? Kira2 lulus tepat waktu dengan IPK diatas 3 harus sangat tekun apa bagaimana kak ?

      Delete
  17. @unknown : bantu jawab ya setahuku saya lebih baik pertanyaan seperti biaya, jadwal, pendaftaran dan administrasi sebaiknya kontak administrasi kampus lebih jelas karena kebijakan bisa berubah sewaktu - waktu.

    ReplyDelete
  18. Kak mau nanya, dri jurusan d3 adm keuangan dan perbankan bisa ke s1 akutansi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. i guess bisaaaa tapi untuk akuratnya telepon lagi ke UInya yaaa

      Delete
  19. @anonymous : gabisa. S1 akuntansi hanya menerima dari diploma akuntansi. @anonymous : kuliah ektensi sekarang hanya ada di salemba dan malem kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen aku anak dIII kebendaharaan negara masuk ke akuntansi bisa2 aja sih.. tapi kurang tau ya kalau sekarang kebijakannya berubah..

      kuliah ekstensi di depok masih adaaa.. temen aku banyak yg masih kuliah ekstensi di depok :D

      Delete
    2. oiyaa ralat. penerimaan ekstensi di depok terakhir tahun 2017, yaudah berarti yg kuliah ekstensi di sana tinggal nyelesein mahasiswa tua aja, dan sudah ngga nerima mahasiswa ekstensi baru

      Delete
    3. 2019 ini masih dibuka kok kak

      Delete
  20. kak, klu blm punya ijazah d3 tp sdh ada SKL bisa buat daftar ekstensi gg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm bisa ga ya? bentar.. kalo ga salah inget pas daftar ada disuruh upload ijazah deh dulu.. tapi aku saranin kamu telepon UI sih, kalo ijazah belum ada apakah kolom ijazah boleh diupload skl aja

      Delete
  21. kak, ada syarat khusus ga kalo mau ekstensi buat kampus sebelumnya?misalnya, kampus sebelumnya itu harus kampus negri atau dia akreditasinya A gitu?makasih kak :)

    ReplyDelete
  22. kak, mau tanya dong... saya kan sabtu masuk kerja. kira-kira hari sabtu jadwalnya jamber ya biasanya pagi atau siang? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sabtu kesepakatan kelas sama asdosnya sih, bisa jam 8-11 atau 11-14 atau malah dua kali pertemuan 8-14..

      tapi absensi asistensi ngga se-strict kayak kuliah biasa sih

      Delete
  23. Halo kak, kak punya soal2 masuk ekstensi UI tahun2 sebelumnya ga ya kak? Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal2 tahun sebelumnya ngga punya, karena soalnya kan dikumpulin lagi ya..

      Delete
  24. halo kak terimakasih atas sharenya sblmnyaa,
    aku mahasiswa sem3 sih ambil d3 keuangan perbankan dari swasta apa esktensi ui terima jurusan dan univ swasta kak? dan tolong bgt kak infonyaa utk ujiannya itu dibulan apa kira2 pembukaan pendaftarannyaa dan belajar darimana kak utk soalsoalnyaa? mohon infonya karna saya pgn banget ka lanjut di ui manajamen hehe terimakasih banyak ka ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima dong dari swasta.. untuk ujiannya pokoknya biasanya diselenggarakan di pertengahan tahun. soalnya itu tpa dan bahasa inggris gitu, mungkin sama kayak masuk perguruan tinggi lain kali ya..

      Delete
  25. Halo kak, sebelumnya terima kasih atas sharing pengalaman kakak. Aku mau tanya, mungkin sedikit oot dari topik blog ini, tp masih seputar ekstensi ui. Kalau aku ekstensi yg ga ada di list prodi yg bisa ekstensi di web? misalnya aku dr d3 b.Jepang, lanjut ui s1 prodi Jepang. Makasih kaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabisa ga ada ektensi sastra Jepang di UI. Ektensi ya sesuai jurusan yg ada di website UI. Kalo ga salah adanya paralel sastra Jepang jadi kuliah dari awal. Dan setahu saya ga ada PTN yang buka ektensi sastra Jepang.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Hallo kak, saya berniat untuk melanjutkan kuliah di ekstensi FE UI. Kira2 persiapan apa saja yang harus saya lakukan agar lolos seleksi? Dan apakah seleksinya sesulit SBMPTN? Mohon pencerahannys kak, terima kasih

    ReplyDelete
  28. Ka, sbg mahasiswa ekstensi bisa dapetin beasiswa dr UI nya, atau beasiswa dari perusahaan ga si ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf aku kurang tau kalau tentang beasiswa, dari UI ataupun perusahaan.. mungkin bisa ditanyakan langsung ke UI/perusahaan terkait nya :D

      Delete
  29. Kak aku rencananya mau ambil ekstensi di UI. Tapi gapede sama TOEFL aku, kakak punya referensi les TOEFL yang bagus ga kak di sekitar UI, atau yang sering digunain sama anak UI. Terus Kaka punya soal2 penerimaan tahun2 sebelumnya ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya les toefl di UI bisa kok, googling deh LBI UI. tempat lesnya satu komplek sama ekstensi.. sama2 di salemba. soal2 penerimaan tahun sebelumnya ngga punya, soalnya soal simaknya ngga boleh dibawah pulang

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. kak aku mau nanya, kalau pas pendafataran ekstensi UI kita sudah selesai kuliah di universitas asal tapi belum wisuda kak (tinggal nunggu wisuda), itu bisa gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ijazah belum keluar, yang penting ada surat keterangan lulus dan transkrip nilai

      Delete
  32. Halo kak, mau tanya nih..
    Berarti untuk ekstensi itu semuanya kelas malam ya kak ? biasanya jam berapa mulai & jam berapa selesainya kak ?
    Lalu test nya itu apakah full TPA saja atau ada fisika, kimia, biologi & bahasa inggris kak ?
    Dan testnya kan selalu hari Minggu, nah itu biasanya selesai jam berapa ya kak testnya ?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  33. iya, kelas malam semua. di jadwalnya 19.00 s.d. 21.30 tapi kadang-kadang jam 21.00 sudah selesai. ngga ada fisika kimia biologi, ada bahasa inggris. aku lupa jam tesnya, tapi dulu setengah hari aja sih udah kelar

    ReplyDelete
  34. Kak mau tanya,ini kan aku rencana mau ngambil akuntansi D3 di unair, kalo ngambil ekstensi s1 di Ui apakah bisa?

    ReplyDelete
  35. kak mau tnya kalo kita bisa tau nya brp laama diambil studi itu drimana?
    smisal sperti saya jurusan manajemen. ada bberapa kan mata kuliah yg sama saat diploma dlu dgn matkul manajemen ekstensi UI.
    itu gmna ya kak? makasih kak mohon dijawab

    ReplyDelete
  36. Halo kak.. senang sekali bisa baca blog kk dan sangat informatif. Saya ingin tanya kak, saya lulusan D3 teknologi pangan (nyerempet2 ke gizi) dan ingin melanjutkan ke S1 kesehatan masyarakat, apakah bisa kak? terimakasih

    ReplyDelete
  37. Halo kak mau tanya untuk perkuliahan ektensi dari senin sampe jumat itu malam? Dan kalau misalnya mau sambil kerja nggak mengganggu jam kuliah? Satu lagi kak, apa di sekitaran kampus salempa ataupun depok banyak perusahaan yang mau menerima mahasiswa? Atau statusnya mahasiswa magang/parttime?

    ReplyDelete
  38. halo kak, kayaknya kita sekelas

    ReplyDelete
  39. Hai kak, aku baru aja diterima di FEB Ekstensi UI S1 Akuntansi. Mau tanya dong ka, kalo sabtu itu wajib masuk (ada sanksi kalo ngga masuk) atau ngga? Soalnya aku mau masuk UI karena memang weekend libur. Tolong jawab ya ka, makasih :)

    ReplyDelete
  40. @Vera kasih tips dong bisa lolos ekstensi ui s1 Akuntansi?

    ReplyDelete
  41. Kak d3 pajak sebaiknya ambil ekstensi S1 akuntansi atau s1 manajemen??

    ReplyDelete
  42. hai Kak..
    terimakasih buat sharingnya
    ohya kak saat kk daftar ujian ekstensi diperlukan kah izajah atau SKL kak
    soalnya untuk tahun ini ada peraturan baru bahwa d3 wajib lulus 3 tahun tidak boleh kurang dari itu,maka dari itu dari kampus aku paling cepat bulan september kak
    terimakasih Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama cuy gua jga gtu. semoga aja kakaknya nge reply comment ini haha

      Delete
  43. berlian tetap berlian18 February 2020 at 00:10

    Terima Kasih kak buat sharingnya, kayanya saya tahu kakak dari d3 mana..
    Mau nanya kak, apa yang mmbuat kakak pilih ekstensi di UI dan bukan PT yang lain kaya Trisakti, Perbanas, Binus, Mercu, dkk?

    ReplyDelete
  44. Hi kak, terimakasih ya udah mau sharing pengalamannya.
    Mau tanya nih, kalau paralel itu ada kelas malamnya juga gak kak?
    Terima kasih sebelumnya ☺️

    ReplyDelete
  45. Halo kak,terima kasih banyak pengalaman dan sharing infonya kak.
    1. Aku mau nanya kak kalau misal ambil ekstensi UI itu ada batasan umurnya kah? jadi freshgraduate DIII tapi g langsung ambil ekstensi gitu.
    2. Terus kalau dari yg aku baca jadi jalur masuk ekstensi UI cuma 1 yaitu SIMAK UI yang ekstensi ya kak?
    3. Terus jadi yang harus aku siapin kan 1 tes TOEFL itu sama tes Pengukuran Kemmapuan Akademik. nah tes yang ini materinya apa aja ya kak ?
    4. Terus kak ada kah rekomendasi link soal soal seleksi ekstensi gitu kak? atau buku soal?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  46. Halo kak, saya mau tanya. saya saat ini mahasiswa semester 5 D3 Akuntansi Konsentrasi perpajakan. saya niatnya mau ikut Ekstensi S1 Ui yang Manajemen Bisnis , kalau saya gap 2 tahun. di tahun 2022nya saya baru ikut Ekstensi S1 Ui ini kira-kira bisa tidak yaa kak ?

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  49. Kak, saya mau tanya. Saya jurusan D3 Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan Vokasi IPB, akhir akhir ini hari tergerak pengen masuk s1 manajwmwn ekstensi UI, untuk persiapaan tesnya menurut kakak apa aja yg perlu dipelajarin, dan tesnya tuh biasanya bulan apa ya lak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya. tes nya itu TPA dan Bahasa Inggris. gambaran soalnya bisa dicari dari buku-buku TPA/ TOEFL di Gramedia (setelah sy kumpulkan info dari blog-log lain). kalau tes nya kapan, biasanya di bulan Juli. Mas nya bisa cek langsung di website UI. cmiiw kak.

      Delete
  50. kak mau nanya kalo misalnya dari jurusan D3 Administrasi Hukum atau D3 administrasi perkantoran dan sekretari bisa lanjut ektensi S1 Manajemen UI?
    Dan apakah lulusan D3 Teknik Sipil bisa lanjut ikut ekstensi S1 Manajemen UI? atau apakah kaka disana punya teman yang berasal dari jurusan D3 Teknik lalu lanjut S1 manajemen UI?

    Aku Mohon banget dijawab ya kak :) Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  51. Halo kak izin bertanya . Saya baca untuk ekstensi akuntansi harus memiliki pengalaman kerja 2 thn. Apakah syarat trsebut wajib ya? & haruskah 1 perusahaan dlm 2 thn? Karena saya pernah berkerja di beberapa perusahaan & bila di total kan, totalnya telah 2 thn 🙏

    ReplyDelete

Back to Top