Sunday 25 February 2018

Life: Review Tempat Nikahan di Jogja


Oke.
Jadi, kenapa review venue dulu? Karena dulu yang saya cari pertama adalah venue :")
Venue itu krusial, terutama di Yogyakarta. Gedung pertemuan di Yogyakarta meskipun jumlahnya nggak sedikit-sedikit amat, tapi bisa dibilang terbatas dan waiting list-nya panjang. Jadi, saya prioritaskan untuk dapat gedung dulu, karena, well, supaya tenang nikahan udah ada tempatnya :)

Venue nikahan di Jogja itu banyak macamnya, dari gedung pertemuan, hotel, joglo, villa, kebun, maupun restoran. Tinggal disesuaikan aja sama konsep dan anggaran.

Berikut pertimbangan saya kemarin dalam milih venue:
1. Tempat Parkir. Tempat parkir harus memadai, saya ngga ingin tamu susah cari parkir atau bahkan sampai menutup jalan umum.
2. Akses lokasi. Biasanya milih tempat yang dekat tempat tinggal kita atau di tengah kota supaya lokasi terjangkau bagi semua tamu.
3. Tempatnya itu sendiri. Kondisi venue, daya tampung tamu, fasilitasnya, dan tentunya harga.

Waktu itu kita lebih prefer joglo-jogloan gitu sih, dibanding gedung pertemuan ataupun modern garden/pool party. He's truly javanese at heart, mind, and body. I love Javanese nuances. So, Joglo it is!

Here's the pros and cons of Joglo.

Pros.

1. Authenticity of javanese feeling-nya lebih dapet dibanding gedung pertemuan (of course).
2. Joglo ngga didekor pun juga bisa oke banget dibandingkan gedung pertemuan yang ngga didekor. Bisa irit budget dekor, you see---

Cons.

1. Karena semi outdoor, jadi takut hujan.
2. Dan takut panas.
3. Biasanya joglo kecil-kecil, takut tempatnya ngga cukup untuk menampung tamu.

Lalu gimana solusi untuk cons-nya?
1. Cari tanggal nikahan di musim kemarau :D
2. Pake AC di pelaminan dan cooler di seluruh sudut joglo. SIP! :D
3. Cari joglo yang agak besar. :)))

Wakakak... dan saya minta maaaaf banget sebelumnya nih. Saya memang sempet browsing tentang beberapa joglo/pendopo di Yogyakarta, sih. But then I found the joglo/pendopo yang saya suka. Kemudian saya telpon tanya price list and availibility, kok ndilalah cocok semua. Yaudah, saya ngga menjelajah ke tempat lain. Hampir ngga pernah survei ke tempat lainnya, jadi ngga bisa ngasih reviu dan cerita untuk venue-venue yang lain. Cuma bisa cerita tentang venue yang ini aja.

And here's the venue.

Ndalem Ngabean, Yogyakarta.

Lokasi.
Di Jalan Ngadisuryan No. 6 Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY. Ndalem Ngabean basically berlokasi di tengah-tengah Yogyakarta banget karena dia terletak di kecamatan Kraton dan hanya bertempat di sebelah Alun-Alun Kidul. (OOT, sekilas info, jadi kalau kamu pakai gedung ini, otomatis kamu harus mendaftarkan pernikahanmu di KUA Kecamatan Kraton, ya).

Daya Tampung
Berdasarkan keterangan dari pengelolanya, Ndalem Ngabean pernah held nikahan 1600 tamu dan masih oke. Tamu saya ngga sampai 1600, so it's all safe.

Tempat Parkir
You see, Ndalem ini punya tempat parkir, sih, tapi minim banget. Masih belum cukup untuk menampung kendaraan seluruh tamu dengan lega. Tapi, karena letak Ndalem Ngabean ini ada di ujung jalan gitu (buntuin jalan), jadi sepanjang jalan Ngadisuryan bisa banget dibuat parkir tamu. Nutup jalan? Enggak, kok. Penduduk sekitar juga udah terbiasa dan justru dari mereka yang menyediakan tempat parkir dan jadi tukang parkirnya. Kalau masih kurang lagi, bisa di-manage untuk parkirnya di Alun-alun Kidul (sebelah Ndalem Ngabean) dan tamu akan disediakan lots of becak untuk transport ke Ndalem Ngabeannya. Lucu banget, ya.

Harga
Untuk harga, bisa nanya personal ke saya aja, ya. Bisa kirim email atau bilang di kolom comment. Soalnya saya nggak enak mencantumkan harga di blog post :D
Atau kalau mau, malah saya kasih kontak Ndalem Ngabeannya aja biar kamu dapat price list update, karena tentu harga yang saya dapat kemarin adalah harga tahun 2017, ya :)

Fasilitas
Fasilitas terbagi jadi dua, yaitu fasilitas yang sudah termasuk dalam harga sewanya, dan fasilitas tambahan yang disediakan oleh pengelola dan sifatnya opsional. Kalau kamu mau/butuh, bisa menyewa fasilitas-fasilitas tambahan itu. Kalau ngga mau ya ngga usah ngga apa-apa :)

Fasilitas yang sudah include dari persewaan Pendopo Ndalem Ngabean:
1. Pendopo dan Pringgitan
2. Ruang rias (AC)
3. 2 set meja marmer
4. 50 kursi hotel non-seat cover
5. 150 kursi lipat
6. 2 meja buku tamu
7. Rumah Kudus untuk ijab.

Fasilitas tambahan (masing-masing ada price listnya)
1. Standard Room atau Family Room (Untuk yang ingin menginap di area Ndalem Ngabean)
2. Soundsystem standard
3. Genset
4. Cooler
5. AC Pelaminan
6. Kursi Lipat
7. Kursi Hotel
8. Cover Kursi
9. Meja Marmer
10. Kursi Raffles
11. Gamelan (Karawitan)
12. Tenda VIP (per meter persegi)
13. Dekorasi Pelaminan

Untuk tambahan tenda, jadi ceritanya gini. Di sayap kanan pendopo, ada satu petak yang sudah dipaving di antara halaman berumput unyu. Sengaja dibuat untuk tamu undangan apabila overflowing atau buat tamu VIP, bebas lah. Di situ juga bisa menjadi sisi katering plus ditaro kursi-kursi untuk duduk makan. Nah, kalau mau mempergunakan spot paving itu, you sure need tents untuk menghalau sinar matahari, karena nggak kejangkau sama joglo. Karena itulah mereka menawarkan tambahan tenda.

Nah, berdasarkan beberapa deskripsi di atas, bisa disimpulkan:
1. Ndalem Ngabean saya rekomendasikan. Value for money-nya oke. Fasilitas tambahan harga-harganya masih reasonable, dan juga ngga ada kewajiban pakai dekor atau katering dari mereka. Pengelolanya juga professional.
2. Plusnya lagi, kamu diperbolehkan untuk eksplor satu kawasan Ndalem Ngabean pada saat hari pernikahanmu. FYI, satu kawasan Ndalem Ngabean itu banyak banget spot cantik untuk foto-foto. Ngga cuma joglo, ada juga air mancur, selasar, kebun, dan lain-lain. Asik banget untuk foto nikahan. 
3. But Personally I think untuk tidak melakukan acara kawinan di Ndalem Ngabean pada malam hari. Meskipun lampu-lampu di joglo akan gegap gempita dan asik banget, tapi tau sendiri kan keadannya alun-alun kidul on weekend night gimana, sist. Penuh macet ruwet dengan kendaraan dan odong-odong lampu neon warna-warni. Kasian tamunya, mereka akan perjuangan banget menuju Ndalem Ngabean. Pun alun-alunnya jadi ngga bisa dipakai parkir. Belum lagi soundsystem odong-odong yang menggelegar non-stop muter lagu patah hati. Gimana kalau suaranya sampai ke venue? *menangys

Jadi, sekian reviu saya untuk Ndalem Ngabean. Semoga bermanfaat untuk kamu calon pengantin yang sedang cari-cari venue di Yogyakarta. Kalau ada pertanyaan, feel free untuk comment di bawah atau email. Thankies! :)


 Dalemnya Rumah Kudus, Ijab Qabul kita

 Lol itu siapa lagi
 Lihat background-nya aja, ya. Ngga usah lihat foto awkward-nya (Diteriakin fotografer, "Mepet lagi, Mba, nempel lagi!"


 Spot paving di sisi kanan Joglo yang aku ceritain

 Selasar di area Ndalem Ngabean

 Area air mancur

 via foody.id


9 comments :

  1. Assalamualaikum mbak kalau boleh tahu price sewa ndalem ngabean berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba maaf baru balas. email saya ya mbaa.. nanti saya infokan price list yg saya dapat tahun 2017 kemarin. atau bisa langsung telepon ke ndalem ngabeannya. Mereka open dan fast respon juga kok :)

      Delete
  2. Mba mau tnya pl sewa tempatnya brp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba maaf baru balas. email saya ya mbaa.. nanti saya infokan price list yg saya dapat tahun 2017 kemarin. atau bisa langsung telepon ke ndalem ngabeannya. Mereka open dan fast respon juga kok :)

      Delete
  3. Mba bagi harga sewanya dong hehe atau minta CP nya aja.. makasiiih

    ReplyDelete
  4. thank you sisss blog mu sangat membantu... boleh minta rekomen WO dan rias pengantin dan make up kalo berkenan sisss. makasih lagi sebelumnya

    ReplyDelete
  5. haloo mbak... bisa minta CPnya ndalem ngabean? sama sekalian boleh rekomen MUA sama catering yang mungkin dulu pernah dipakai?? terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Terimakasih kak. Blognya sangat membantu. Boleh minta cp pendopo ndalem ngabeannya kak?

    ReplyDelete
  7. Mba mau tanya price list dan minta CP kontaknya boleh?

    ReplyDelete

Back to Top